Selasa, 30 April 2019

Pembuatan Aplikasi GRATIS = Penipuan???

Pesan WA masuk dan jawaban kami dibuat dalam bentuk percakapan seperti di bawah ini. Yang cetak tebal itu pertanyaan netizen, tulisan biasa adalah jawaban dari kami (Tim Admin).

Hari gini ada pembuatan aplikasi secara GRATIS???
Benar, kami sedang promo pembuatan aplikasi berbasis blog secara GRATIS untuk organisasi/komunitas.

Kok Anda mau? Jangan-jangan ini modus baru penipuan.
Namanya juga promo. Promo harus menarik perhatian. Menipu? Oh... kami tidak menipu. Ini kami berikan contoh promo sejenis agar Anda dapat memahami maksud promo kami.

Dulu ada promo sejenis. Misalkan PT Telkom yang promo: pemasangan telepon rumah secara GRATIS. Anda tinggal telepon ke Telkom, maka petugas Telkom akan datang, memasang instalasi telepon dan Anda diberi pinjaman pesawat telepon secara GRATIS. Anda terima beres pesawat telepon sudah terpasang di rumah dan sudah bisa digunakan. Semuanya GRATIS. Apakah Telkom  tidak rugi?

Nah... tiap bulan Anda akan dikenai biaya abodemen telepon. Anda pakai atau tidak, Anda harus bayar biaya abodemen. Kalau Anda pakai, Anda bayar biaya abodemen plus pulsa pemakaian.

Itu juga yang kami lakukan. Kami buatkan aplikasi hingga Anda tinggal download dan bagikan link download untuk umat (misal aplikasi rumah ibadah), atau untuk anggota Anda (misal aplikasi untuk komunitas).

Hanya kami (Tim Admin) yang punya akses ke blog dan aplikasi tersebut. Anda (yang minta dibuatkan blog/aplikasi) tinggal mengirimkan info, foto, atau video yang akan dimuat ke aplikasi kepada Tim Admin via WA. Kami yang akan memasukkannya ke dalam aplikasi. Anda tidak perlu repot-repot, belum lagi jika Anda tidak mengerti bagaimana cara memasukkan info, foto, atau video ke aplikasi.

Jika Anda sendiri yang mem-posting sendiri, Anda pun harus menyalakan PC/laptop, butuh listrik, koneksi internet, dan waktu. Nah... pada promo pembuatan aplikasi GRATIS ini, semua tugas mengelola blog/aplikasi itu diserahkan kepada Tim Admin.

Hanya bedanya, kami (Tim Admin) tidak mematok berapa dana yang Anda transfer kepada kami setiap bulannya. Tidak ada ketentuan biaya abodemen yang harus Anda transfer tiap bulan harus sekian rupiah. Silakan transfer seikhlasnya setiap awal bulan (antara tanggal 1 sampai tanggal 5).

Uangnya untuk apa? Ya sekedar untuk membantu biaya listrik, biaya koneksi internet, dan uang kopi buat Tim Admin.

Beneran, ini bukan penipuan?
Serius. Bagaimana kami menipu Anda? Anda tertarik, Anda kirim data, kami langsung buatkan blog dan aplikasinya. Anda tidak transfer dulu. Ibarat jual beli, kami melayani COD (Cost On Delivery). Barang datang, Anda cek, tidak cocok, tak usah bayar, barang kami bawa kembali.

Malah beberapa kali kami-lah yang jadi korban penipuan. Ada yang kirim data, kami buatkan aplikasi, eh... sampai saatnya transfer, tidak transfer. Kami kirim WA, tidak dibalas. Ada juga yang nomornya langsung tidak aktif.

Kami percaya, apa yang Anda perbuat, pasti ada balasan (hukum karma). Namun dengan segala kerendahan hati kami mohon, hanya Anda yang benar-benar berminat yang kirim data untuk dibuatkan blog atau aplikasi. Jangan sia-siakan waktu kami yang berharga untuk membuatkan blog atau aplikasi untuk Anda, padahal Anda sendiri tidak berminat. Terima kasih atas pengertian Anda.

Promo-nya GRATIS, kok sekarang harus bayar? 
Iya, blog/aplikasinya memang kami buatkan secara GRATIS. Yang bayar adalah biaya mengelola blog/aplikasinya.

Sama halnya operator telepon selular yang membagikan kartu perdana (SimCard) secara GRATIS. Anda ingin menelepon, kirim pesan, akses internet, Anda harus beli pulsa.

Blog/aplikasi yang tidak ada info/foto/video rasanya tidak ada gunanya. Sama halnya ponsel Anda punya SimCard tapi tidak diisi pulsa. Sampai batas waktunya, nomor ponsel Anda akan mati (tak bisa dipakai lagi).

Sekali lagi, jumlah dana yang Anda transfer tiap bulannya bersifat sukarela (seikhlasnya). Kalau Anda yang mengelola sendiri pun, Anda juga harus mengeluarkan uang. Misal ada kegiatan organisasi/komunitas Anda, Anda harus ke warnet untuk upload foto dan tulisannya. Itu tentu butuh biaya, juga waktu.

Sangat mungkin, biaya yang Anda keluarkan untuk posting sendiri ke aplikasi, jauh lebih mahal daripada tugas tersebut Anda serahkan kepada kami.

Jadi, lebih bijak Anda menyisihkan uang untuk transfer ke kami yang bertugas menjadi asisten Anda, Anda tinggal kirim info/foto/video via WA kepada Tim Admin.

Jika waktu Anda kirim info dan Tim Admin sedang online dan tidak sibuk, dalam hitungan menit, kiriman Anda sudah tampil di aplikasi.

Kenapa GRATIS semua (pembuatan aplikasi sekaligus pengelolaannya)???
Masalahnya kami juga harus bayar rekening listrik dan biaya koneksi internet. Kami juga harus meluangkan waktu untuk mem-posting tulisan/foto/video yang Anda kirim lewat WA. 

Kami mengerjakan aplikasi ini di sela-sela kesibukan kami untuk mendapatkan tambahan uang jajan.  

Mengapa yang GRATIS hanya untuk organisasi/komunitas?
Organisasi/komunitas memiliki anggota (orang banyak). Untuk berdana (transfer "uang kopi") ke Tim Admin tentu tidak merasa berat. Misal anggotanya ada 50 orang, tiap bulan 1 anggota menyumbang Rp 1.000 saja sudah terkumpul Rp 50.000. Persoalan dana mudah terselesaikan. Ya 'kan?

Bagaimana jika pemilik aplikasi hanya kirim dana sangat minim?
Syukurnya sejauh ini, para pemilik aplikasi mengirimkan dana ("uang kopi") yang lumayan sehingga promo pembuatan aplikasi ini masih terus berlanjut.

Kami yakin masih banyak orang baik. Program ini win win solution, Tim Admin dapat uang tambahan (uang jajan dan meringankan biaya listrik dan koneksi internet), Anda (yang minta dibuatkan blog ataupun aplikasi secara GRATIS) bisa memiliki aplikasi dengan biaya yang ringan. 

Anda tak perlu memikirkan bagaimana cara memuat info, foto, atau video ke aplikasi, Anda tak tidak perlu online pakai laptop atau ke warnet, cukup kirim via WA, kami yang memuatnya ke blog atau aplikasi Anda.

Kalau nih ..., kalau kemudian banyak yang pesan aplikasi, kemudian kirim info, foto, dan video untuk dimuat ke aplikasi sering banget, tapi transfer uangnya tiap bulan minim banget. Apa yang akan Tim Admin lakukan?
Jika kami anggap "keterlaluan" (kirim datanya sering banget) tapi dana yang ditransfer benar-benar tidak sesuai, terpaksa kami setop memasukkan kirimannya ke aplikasi, kami minta pengertiannya. Kalau tetap seperti itu, aplikasinya kami hapus.

Misal nih... dalam seminggu pemilik aplikasi bisa kirim data, foto, atau video sekitar 5 kali. Artinya sebulan bisa 20 kali kami memasukkannya ke aplikasi, tapi pas awal bulan ia transfer Rp 10.000. Ya, Anda bisa bayangkan. Sekali ke warnet mungkin Anda harus bayar sekitar Rp 5.000 per jam. Sebulan Anda transfer hanya Rp 10.000 untuk 20 kali Tim Admin posting ke aplikasi Anda?

Tapi kami berharap itu tak terjadi.

Kalau bukan organisasi/komunitas, apakah bisa dibuatkan blog/aplikasi?
Silakan hubungi Tim Admin (klik saja): 0896 7969 8282

Oke, Anda mengerti 'kan? Jika Anda sepakat dengan yang kami uraikan (tertarik), silakan WA kami (Tim Admin). Jika tidak, ya tak usah hubungi kami. Terima kasih atas kesediaan Anda membaca posting ini.