Sabtu, 18 Mei 2013

Tanya Jawab tentang Blog

Benar nggak sih hanya Rp 30.000 saya sudah bisa punya blog? Tidak ada biaya lain lagi?  
Benar. Tidak ada biaya hosting atau biaya untuk beli domain. Blog Anda dibuat di pada www.blogger.com yang memang menyediakan blog gratisan. Anda hanya bayar Rp 30.000 untuk jasa kami membuatkan blog dan alamat email siap pakai. Plus BONUS 2 (satu) buah gadget (asesories untuk dipasang di blog) berupa jam dan tanggal. 
 
Sampai berapa lama blog saya ini bisa dipakai? Apakah selamanya gratis?
Ya selama www.blogger.com (penyedia jasa blog gratis) ini masih hidup dan tidak mengubah peraturannya.

Anda tidak perlu khawatir. Perusahaan sebesar www.blogger.com rasanya tidak mudah bangkrut (blogger termasuk pionir dan yang teratas untuk penyedia jasa blog gratis alias paling top), dan blog gratis ini adalah strategi bisnis untuk menunjang bisnis mereka lainnya.

Kalau blogger bangkrut?
He...3x pikiran Anda terlalu jauh. Kalau blogger bangkrut, bukan hanya blog Anda yang hilang. Ada jutaan orang di dunia yang jadi pengguna blogger juga kehilangan blog mereka. Blog kami ini juga akan hilang.

Menurut saya, apa pun usaha Anda, tak ada salahnya punya blog.

Mengapa?
BANYAK MANFAAT. Banyak sekali yang bisa Anda tampilkan di blog (daftar harga, foto produk, alamat Anda, proses produksi, dan masih banyak lagi). Silakan masukkan file apa pun sesuka Anda, yang bisa menunjang usaha/ citra Anda.

MURAH. Coba Anda pikir, uang Rp 30.000 Anda bisa cetak berapa banyak brosur atau selebaran untuk dibagi dengan uang Rp 30.000. Setelah dibagi, ada yang dibaca, ada yang tak dibaca (hanya untuk kertas pembungkus atau langsung dibuang). Blog Anda? Bisa kami katakan seumur hidup tetap ada di internet dan beroperasi sebagai media iklan/ promosi Anda selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, nonstop. Tanpa Anda harus bayar lagi. Anda bisa pasang iklan berapa kali di koran/ tabloid dengan uang Rp 30.000? Paling 1 kali iklan. Ada iklan baris yang Rp 10.000/ baris (Rp 30.000 hanya cukup untuk 3 baris). Di blog, Anda bisa menuliskan keunggulan produk Anda dengan kalimat Anda sesuka Anda. Pasang foto semau Anda.

FLEKSIBEL. Kalau Anda cetak brosur/ selebaran. Kemudian ada perubahan harga atau Anda sekarang memproduksi barang jenis lain. Bagaimana Anda memberitahukannya ke konsumen? Cetak brosur lagi dan bagikan lagi 'kan? Kalau di blog? Anda tinggal masuk ke blog, ubah harganya atau tambahkan data terbaru produk Anda (masukkan tulisan dan foto tentang produk Anda), Anda tidak perlu berkeliling untuk membagikannya. Jauh lebih praktis. 


Lebih ekstrem lagi kalau Anda pindah tempat usaha. Anda akan kehilangan banyak pelanggan. Mereka datang ke tempat Anda yang lama, sudah jadi tempat orang lain. Tulisan yang Anda pasang: "Kami pindah ke..." mungkin sudah dicopot. Tidak semua orang sekitar sana tahu dan mau memberitahukan alamat baru Anda (terlebih kalau orang itu adalah pesaing usaha Anda). Kalau blog? Anda pindah ke mana pun (ke luar negeri sekali pun), konsumen Anda tidak akan kehilangan jejak. Mengapa? Alamat blog sekali Anda buat, berlaku seumur hidup! Anda bisa update (masukkan data blog dari warnet dekat rumah Anda), bisa dari komputer di rumah Anda, bisa dari warnet di kota mana pun. Mirip dengan nomor HP. Sekali Anda beli, nomor itu berlaku seumur hidup, ke mana pun Anda pindah. Bukan seperti telpon rumah, kalau Anda pindah, meski dalam kota yang sama, terkadang nomor itu tidak dapat Anda pakai lagi. Beda daerah, nomor awal telponnya juga berbeda. Apalagi Anda pindah kota (kode wilayahnya berbeda: Jakarta 021, Bandung 022, dan seterusnya). Jadi alamat blog sama dengan nomor HP? Tidak sama persis. Kalau nomor HP, sampai lewat batas tenggang waktu Anda tak isi pulsa, nomor Anda akan mati (tak bisa dipakai lagi). Alamat blog? Selesai dibuat, Anda tak perlu bayar apa pun lagi. Ada yang lihat atau tak ada yang lihat, alamat itu tetap ada, tidak hangus. 

JANGKAUAN LUAS. Anda cetak brosur/ selebaran, calon konsumen Anda hanya orang-orang yang dapat brosur itu. Paling-paling orang sekitar rumah Anda. Anda pasang iklan di koran lokal, hanya orang 1 kota yang membacanya. Anda pasang iklan di koran nasional (tarifnya tentu mahal), orang se-Indonesia yang baca iklan Anda. Kalau blog? Siapa saja yang bisa melihat blog Anda? Tetangga, orang 1 kota, orang se-Indonesia? Bukan hanya itu. Orang sedunia bisa melihat blog Anda, di mana saja mereka berada! Anda cuma bayar Rp 30.000 sekali saja!

Buat apa sih punya blog?
Banyak gunanya, seperti yang sudah saya sebutkan. Banyak ibu-ibu rumah tangga yang menggunakan blog untuk menuliskan catatan harian perkembangan buah hati, remaja yang menampilkan karya mereka biar bisa dilihat dan dikomentari teman-temannya. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang berbisnis di rumah (membuat kue atau kerajinan) dan memanfaatkan blog untuk memasarkannya hingga ke luar kota (bahkan luar negeri) tanpa harus bayar biaya iklan.

Usaha kita terlihat lebih keren/ bonafid, bila ada alamat email plus blog (meskipun hanya blog gratisan). Asal bisa di-manage dengan baik, tampilan blog gratisan pun bisa keren. Sebenarnya ada banyak trik lain untuk mengubah nama blog yang gratisan www.nama-anda.blogspot.com menjadi nama yang lebih singkat, gratis, dan terlihat lebih keren (ini mungkin akan dibahas di lain waktu).

Kalau Anda pasang iklan di koran, kalimat pun bisa jadi lebih singkat. Tak perlu terlalu detail, Anda tinggal menambahkan alamat blog. Para calon konsumen bisa melihat info lebih lengkap di blog. Misalnya: bisa melihat lokasi perusahaan, kegiatan produksi, aneka produk Anda secara lebih lengkap (tidak hanya nama dan harga, tapi juga wujud asli barangnya), mungkin juga layanan pesanan dari luar kota, atau hal lainnya. Anda punya "prestasi" bisa ditampilkan di blog. Misalkan produk Anda berhasil menembus pasar swalayan. Ini juga sebuah prestasi. Anda bisa menuliskannya di blog seperti ini: produk kami bisa Anda dapatkan di pasar swalayan X.

Usaha Anda hanya usaha rumahan (industri rumah tangga)? Umumnya pemasaran produk hanya di dalam kota. Dengan adanya blog, bukan mustahil Anda akan mendapat pesanan dari luar kota. Biasanya, di kemasan produk hanya berisi nama produk, komposisi bahan baku, tanggal kadaluarsa, perusahaan yang memproduksi (kadang plus alamat dan nomor HP), tulisan halal, izin usaha, berat bersih, dan lainnya, sekarang bisa Anda tambahkan dengan alamat blog. Anda tidak tahu sampai ke mana produk Anda dibawa (mungkin sebagai oleh-oleh) dan kemasannya bisa jadi mendatangkan order dari luar kota. Tak ada salahnya Anda punya blog. Hanya keluar uang Rp 30.000 saja kok.

Dari tadi contohnya hanya usaha barang. Blog bisa nggak dimanfaatkan untuk usaha jasa?
Mengapa tidak? Lha... blog ini adalah blog jasa (jasa pembuatan blog dengan harga TERMURAH). Ada teman yang jago bahasa Inggris, dia usaha terjemahan. Di blog-nya ditampilkan sertifikat kemampuannya menerjemahkan, daftar buku hasil terjemahannya yang sudah diterbitkan, plus daftar tarif terjemahan. Dia hanya bekerja dari rumah. Konsumennya kirim naskah via email dan transfer uang via ATM, dia terjemahkan lalu kirim lagi ke konsumen via email. Simple 'kan? Cari uang tanpa harus keluar rumah.

Blog bisa dipakai untuk keperluan apa saja. Bisa untuk bisnis, keperluan pribadi (memasang biodata, foto, karya Anda,...). Blog komunitas untuk mengumpulkan teman se-alumni, se-hobby, se-daerah, dan lain-lain. 


Untuk apa buat blog? Produk saya tak mungkin menjangkau luar kota. 
Apa produk Anda? Misalkan Anda pedagang bakso. Anda akan bertanya, masa' sih ada orang dari luar kota yang pesan semangkok bakso? Bagaimana kirimnya? Pas sampai ke tujuan sudah basi. Lho... punya blog tidak hanya untuk memasarkan produk Anda secara langsung. Memang produk lain (pakaian, sepatu, dll yang tak busuk/ basi mudah dikirim ke luar kota/ luar negeri), bakso punya peluang lain. Jika bakso Anda laris dan di blog, Anda memasang foto para artis yang sudah mampir ke tempat Anda, apa reaksi pengunjung blog yang ada di luar kota? Pasti penasaran bagaimana lezatnya bakso Anda. Kalau mereka mampir ke kota Anda, bisa dipastikan tempat Anda menjadi salah satu tujuan wisata kulinernya. Kalau pengunjung blog Anda seorang yang berjiwa bisnis, Anda mungkin akan ditawari kerja sama. Buka cabang di kotanya, atau mungkin bahasa kerennya franchise atau waralaba.

Anda penjual jasa, misalkan saja tukang pijat. Mirip kasus bakso tadi. Bisa jadi saat berkunjung ke kota Anda mereka akan mampir merasakan pijatan Anda. Bisa jadi bukan karena Anda pijatan Anda enak dan Anda terkenal. Tapi karena penasaran, kok bisa sih... tukang pijat tapi canggih, punya blog! Gaul banget. Atau bisa jadi karena dia emang penggemar pijat dan hanya alamat Anda satu-satunya yang dia tahu di kota Anda karena dia menemukan data alamat Anda di blog.

Ayo mau tanya apa lagi? Begini saja deh... Anda mengeluarkan Rp 30.000 (tiga puluh ribu rupiah), Anda mendapatkan alamat email siap pakai, sebuah blog keren + petunjuk lengkapnya, dan berlaku seumur hidup. Silakan bandingkan dengan biaya iklan baris di koran, yang hanya sekali pasang minimal 2 baris saja sudah Rp 20.000-an. Blog ini tak akan mati meski tidak pernah Anda buka. Hanya bayar Rp 30.000 untuk sebuah blog yang mengiklankan Anda 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan, 365 hari dalam setahun, nonstop dan tak pernah tidur. 


Atau setidaknya untuk menaikkan gengsi Anda, keren nggak kalau di gerobak dorong bakso Anda ada alamat: www.bakso-bang-kumis.blogspot.com Orang mungkin meremehkan Anda. Ah... itu pasti hanya akal-akalan saja, asal tulis. Tapi kalau dia iseng buka, dia akan kaget. itu alamat blog itu beneran ada dan itu memang blog Anda. Ada foto Anda sedang dorong gerobak bakso dan ada foto pelanggan sedang makan bakso Anda, ada nomor HP Anda, dan alamat email Anda di sana!

Atau kalau ada yang iseng bertanya langsung ke Anda (dengan nada melecehkan), "Bang, beneran nih... punya blog?" Anda bisa dengan bangga bilang "Benar. Coba saja kunjungi blog saya." Jaman yang sudah canggih kayak sekarang, sangat mungkin yang tanya pada Anda punya HP Blackberry atau sejenisnya yang langsung bisa buka web/ blog Anda. Dia akan geleng-geleng kepala. Gile.... bener, tukang bakso pakai gerobak dorong punya blog. Dia sendiri saja belum tentu punya blog, meski bergaya bawa HP Blackberry.

Masih ingin tanya lagi nih...? Sayang nggak ya, saya bayar Rp 30.000 untuk biaya memesan pembuatan sebuah blog??? 


Ehm... blog yang dibuatkan masih kosong dong?
 

Ya, blog kosong. Anda tinggal mengisi dengan tulisan dan foto yang Anda inginkan. Tapi tidak kosong benar. Kami sudah masukkan nama blog, keterangan judul blog, dan sedikit info tentang Anda (misal: nama usaha Anda, alamat Anda, dan sedikit info produk/ jasa yang Anda tawarkan).

Wah saya tak mengerti cara isi blog. Gimana dong...? 

Tak usah khawatir, kami sediakan petunjuknya dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti. Asal Anda bisa mengetik menggunakan MS Word (copy dan paste) itu sudah cukup. Untuk memasang foto ke blog, mirip dengan cara Anda memasukkan foto ke dalam attachments di email. Semua ada di petunjuk yang kami berikan.

Bagaimana kalau saya minta sekalian saja masukkan foto dan tulisan yang saya inginkan ke blog saya?
Oh... itu bisa diatur. Tapi ada sedikit biaya untuk itu. Biaya Rp 30.000 hanya untuk buatkanblog kosong yang siap pakai. Soal ini bisa dibicarakan via BBM/ SMS atau email. Anda tinggal kirimkan tulisan dan foto via email kepada kami: pesanblog@gmail.com Akan kami bantu. 

Mau secara berkala (saat perlu untuk posting tulisan atau foto baru, Anda hubungi kami). Atau Anda ingin kami secara rutin mengelola blog Anda, itu juga bisa. Biaya bisa dinegosiasikan.  


Apa bener ada orang yang menggunakan blog untuk keperluan bisnis? Tolong contohnya dong...
Bukan banyak lagi, tapi sangat banyak yang menggunakan blog GRATISAN di blogspot ini untuk keperluan bisnis. Ini beberapa contoh saja. Silakan Anda klik tulisan berwarna-warni ini (setelah masuk ke blog tersebut, silakan Anda baca alamat blog-nya, pasti tertera http://namablog.blogspot.com). 
 
Ini beberapa contohnya (silakan klik tulisan berwarna-warni berikut). Alamat blog ini eksis (ada) saat tulisan ini dibuat: dari mulai Barang Bekas (membeli barang bekas), Barang Antik (jualan barang antik), Atraksi Motor (entertainment atraksi motor), Donat (jualan Donat), Kue Kering (terima pesanan kue kering), Pesan Blog (jasa pembuatan blog TERMURAH), Pakaian (jual pakaian secara online), sampai Hotel dan masih banyak lagi. Mungkin yang terbanyak adalah jual makanan dan pakaian yang digeluti remaja putri dan ibu-ibu rumah tangga.

Ada juga sekolah (PlayGroup-TK, SDN, SMPNSMUN) sampai Universitas (termasuk Mahasiswa & Dosen) yang menggunakan blogspot, sampai acara TV seperti Legendary Album-nya Helmy Yahya pun menggunakan blogspot.

Untuk pribadi (sekedar hobby menulis, sampai untuk menunjang karirnya seperti artis) seperti: Sandra Dewi (versi bahasa Indonesia) dan Sandra Dewi (versi bahasa Inggris). Kami tidak tahu, apakah blog Sandra Dewi ini asli milik sang artis, atau blog yang dibuatkan oleh fans atau hanya ulah iseng orang-orang. Tapi yang jelas blog ini menggunakan nama dan foto Sandra Dewi, sang artis. Catatan: Semua data adalah benar saat posting ini dibuat.


NOTE:

Anda sudah percaya bahwa orang-orang mulai meluaskan pasarnya dengan memiliki blog? Masa' Anda kalah dari seorang pedagang barang bekas (orang biasa menyebut tukang loak atau pembeli rongsokan) yang sudah mulai mengenal dan memanfaatkan blog?

Hanya sekali keluar uang Rp 30.000 (tiga puluh ribu saja), Anda punya blog yang bisa jadi media iklan yang mempromosikan usaha Anda 24 jam sehari, 30 hari sebulan, 365 hari setahun, dan berlaku selamanya. Orang sedunia bisa melihat profil usaha Anda. Apalagi sekarang HP sudah semakin murah dan canggih. Orang bisa melihat profil usaha Anda dari BlackBerry (atau HP lain yang mirip Blackberry yang sekarang harganya semakin murah).

Bandingkan dengan iklan baris di koran yang sekali pasang minimal 2 baris sudah Rp 20.000-an dan hanya dibaca orang 1 hari pas koran tersebut terbit. Dengan blog, Anda bisa pasang tulisan dan foto penunjang usaha Anda sebanyak yang Anda mau. Sekali lagi, hanya Rp 30.000. Apakah biaya pembuatan ini MAHAL???

Bolehkah saya pesan blog untuk orang lain?
Oh... boleh saja. Beberapa pemesan justru menjadikan blog ini sebagai kado. Ada yang memberikan kado ultah untuk pacar, kado ultang tahun pernikahan, kado atas kelahiran putra/ putri mereka. Surprise buat yang menerima hadiah ini!

Bisa Anda bayangkan bagaimana surprise-nya pacar Anda menerima SMS: Met ultah ya? Coba www.namakamu.blogspot.com Di sana berisi puisi karya Anda untuk sang kekasih, atau foto Anda berdua kekasih,... Hadiah yang tak biasa, tapi sebuah kejutan luar biasa.

Bagaimana kalau blog yang Anda buat disalahgunakan? Tanggung jawab siapa?
Sebagai jasa pembuat blog, kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah efek samping seperti itu (sebelum blog dibuat). 


Bicara siapa yang bertanggung jawab, kami balik bertanya. Anda membuka usaha toko bangunan, Anda menjual tang, gergaji, palu, dan lain-lain. Kalau palu yang Anda jual, kemudian digunakan pembeli untuk membunuh orang, apakah Anda harus bertanggung jawab?

Kami tidak akan membuatkan blog yang sejak awal sudah "melanggar hukum." Misal Anda akan pesan blog untuk prostitusi, perjudian, narkoba, dan hal lain yang melanggar hukum, pasti tidak akan kami layani. Kalau pesanan awal untuk bisnis biasa dan kami buatkan, lalu setelah dikelola oleh pemiliknya, justru disalahgunakan? Ya kembali kasus penjualan palu tadi. Kita jual palu untuk memasang paku dan kegiatan pertukangan lainnya. Kalau dipakai untuk membunuh, ya... itu salah pelakunya, bukan penjualnya. Ya 'kan? 


Ehm... maaf ya, saya takut ini penipuan. Bisnis via internet banyak yang menipu.  
Oh... tak apa, memang wajib waspada. Kami serius menjalani usaha sampingan kami dan bertekad menjaga nama baik kami. Tapi jika Anda masih ragu? Tidak usah pesan pada kami. Begitu saja...   

Apa Anda tidak rugi kalau banyak yang iseng transfer DP lalu batal?  
Rugi juga sih... Tapi itu resiko bisnis yang harus kami tanggung, dalam rangka meyakinkan pemesan bahwa kami tak berniat menipu. Cukup transfer 50% dulu. 
 
Tapi sebenarnya orang iseng juga akan rugi. Mengapa? Nama blog itu hanya bisa sekali pakai. Kalau sudah dibuat, lalu dihapus, nama itu tak bisa dipakai lagi. Misalkan nama Anda Linda. Mungkin Anda ingin pakai nama: www.linda.blogspot.com Sudah dibuatkan, ternyata Anda batalkan. Nama blog itu akan dihapus. Tapi kelak bila Anda ingin buat blog, Anda sudah tidak bisa pakai nama itu lagi karena sudah pernah dipakai (meskipun blog itu sudah dihapus). Jadi Anda harus pakai nama lain. Misalnya: www.namasayalinda.blogspot.com atau: www.nama-saya-linda.blogspot.com Nama blog Anda jadi lebih panjang (susah dihafal).

 
Sekedar info, makin hari nama blog makin panjang (minimal 8 karakter), jadi tolong usahakan tuliskan nama lengkap Anda. Anda juga boleh mengusulkan nama blog yang Anda inginkan. Boleh tuliskan sebanyak mungkin usulan nama blog yang Anda inginkan. Anda tahu sendiri 'kan, blog ini dipakai orang sedunia? Jadi sangat mungkin nama yang Anda inginkan sudah dipakai orang lain. Makin banyak usulan nama, makin memudahkan kami. 

Anda juga boleh membuat blog bukan dengan nama Anda. Misalnya nama Anda Linda, Anda akan buat blog untuk usaha jual kue/ bolu buatan Anda. Bisa saja namanya: www.linda-cake.blogspot.com atau www.tulip-cake.blogspot.com atau www.toko-kue-online.blogspot.com atau apa saja.

Blog bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Jadi diary online, memajang hasil karyamu (puisi, cerpen, lukisan, dan lain-lain), untuk bisnis, untuk ajang kumpul teman satu hobby, ajang info buat keluarga besar kamu, dan masih banyak lagi.

Anda bisa memasukkan foto putra-putri Anda atau berita terbaru keluarga Anda, seluruh saudara/ famili Anda di belahan dunia mana pun bisa tahu info terkini tentang keluarga Anda. Menarik bukan? 


Ehm... kalau mau dibuatkan Facebook (FB) atau Twitter, bisa nggak?  

Bisa juga kalau kamu mau. Silakan kirim email saja. 

Saya jadi tertarik nih... 

Tunggu apa lagi??? Segera transfer uangnya dan kirim SMS. Kami segera buatkan blog Anda.

Terima kasih atas jawaban yang Anda berikan. 
Sama-sama. Kami ingin kita sama-sama senang. Anda mendapatkan senang dan puas dengan hasil blog yang kami buatkan, kami pun jadi senang menerima uang dari Anda. Tidak ada yang merasa ditipu dan dirugikan. Tolong informasikan pada teman-teman Anda ya?

OK deh...  

Bye...